Mencicipi Cita Rasa Kuliner Khas Toraja yang Menggoda

Mencicipi Cita Rasa Kuliner Khas Toraja yang Menggoda

Mencicipi Cita Rasa Kuliner Khas Toraja yang Menggoda

Berlibur ke Tana Toraja, Sulawesi Selatan takkan lengkap tanpa mencicipi cita rasa kuliner Toraja. Tana Toraja sesungguhnya kaya akan adat dan budaya yang amat menarik. Kekayaan budaya ini juga dapat Toppers rasakan lewat makanan khas Toraja.
Pasang Bola
Yuk, cicipi ragam kuliner khas Tana Toraja yang lezat dan sayang untuk dilewatkan berikut:

Makanan Khas Toraja

1. Dangkot

Dangkot adalah makanan khas Toraja yang berbahan dasar bebek yang dibumbui bersama dengan aneka bumbu tradisional khas agar membuat daging bebek tidak beraroma amis. Cita rasa berasal dari kuliner Toraja ini merupakan perpaduan rasa gurih dan pedas agar sesuai untuk Toppers yang gemar makan makanan pedas. Bukan fans kuliner beber? Tenang, hidangan Dangkot juga sering dimasak bersama dengan bahan dasar daging ayam.

2. Pantollo Lending

Kuliner khas Tana Toraja setelah itu adalah Pantollo, olahan makanan tradisional bersama dengan bumbu kehitaman berasal dari beragam ragam rempah. Bumbu Pantollo sendiri sering digunakan untuk memproduksi bervariasi jenis kuliner layaknya Pantollo Lending yang berbahan dasar belut.

Cita rasa berasal dari Pantollo Lending sangatlah unik dan lezat serta sering di sediakan pada acara-acara adat penduduk Toraja.

3. Pantollo’ Bale

Selain Pantollo Lending, ada pula Pantollo Bale yang berbahan dasar ikan mas atau sering kadang diganti bersama dengan ikan lele. Tak cuma dimasak berkuah bersama dengan bumbu khas Pantollo, sering kadang hidangan Pantollo Bale juga di sediakan bersama dengan langkah dipanggang, lho.

Campuran bervariasi bumbu dan rempah membuat rasa daging ikan amat gurih serta mengusir jauh aroma tanah yang sering ada pada ikan-ikan air tawar.

4. Pa’piong Manuk

Sesuai namanya, Pa’piong Manuk adalah kuliner khas Tana Toraja yang berbahan dasar Ayam dikarenakan didalam bhs Toraja, Manuk berarti ayam. Keunikan berasal dari kuliner bercita rasa pedas ini tidak cuma berasal dari ragam bumbu rempah dan daun mayana yang membuat rasa berasal dari makanan ini unik, langkah memasak kuliner ini juga lumayan unik, lho.

Berbagai bahan berasal dari Pa’piong akan dimasukkan ke didalam batang bambu sebelum saat lantas dibakar sampai matang. Proses memasak yang tetap amat tradisional inilah yang pada akhirnya beri tambahan rasa khas pada kuliner Toraja satu ini.

5. Pa’piong Burak

Tak cuma Pa’piong Manuk, sajian ala Pa’piong khas Tana Toraja lainnya yang sayang untuk Toppers lewatkan adalah Pa’piong Burak. Hidangan Pa’piong Burak umumnya terbuat berasal dari daging babi yang telah diberikan bumbu khas Toraja dan juga batang pisang yang tetap muda. Sama layaknya Pa’piong Manuk, beragam bahan ini lantas di campurkan bumbu dan rempah di didalam batang bambu sebelum saat lantas dibakar sampai matang.

6. Pokon

Kuliner setelah itu ini dapat dibilang merupakan lontong khas Toraja. Hanya saja bahan untuk membuat makanan pokok satu ini lumayan tidak serupa yakni menggunakan beras ketan dan juga santan kelapa.

Dibungkus bersama dengan daun dan diikat sebelum saat lantas direbus sampai matang, makanan khas Toraja ini punya rasa yang gurih serta mengenyangkan, bahkan kala disandingkan bersama dengan beragam masakan khas Toraja lainnya sebagai pelengkap.

7. Kririk Toraja

Kerap di sediakan pada saat hajatan atau perayaan adat di Toraja, Kririk Toraja adalah keliru satu jajanan khas Toraja yang bercita rasa manis. Untuk dapat mencicipi makanan mudah asal Tana Toraja ini, Toppers dapat menemukannya dijajakan di pasar-pasar tradisional yang ada di Toraja.

8. Tu’tuk Utan

Tu’tuk punya makna ditumbuk dan Utan merupakan sayur-sayuran. Jadi, Tu’tuk Utan adalah makanan khas Toraja yang dibikin berasal dari sayur-sayuran dan diolah bersama dengan langkah ditumbuk. Umumnya, panganan khas Toraja ini menggunakan daun singkong yang lantas diolah bersama dengan daging yang telah dipotong-potong kecil, parutan kelapa, dan tambahan cabe rawit.

9. Kapurung

Tak kalah unik dan menarik, Kapurung merupakan makanan khas Tana Toraja setelah itu yang berbahan dasar sagu yang direbus sampai membentuk gumpalan-gumpalan kenyal. Sagu ini lantas disiram bersama dengan kuah rempah berwarna kekuningan yang dimasak bersama dengan beragam sayuran dan juga daging ikan. Ditaburi bersama dengan teri goreng yang renyah, makanan khas Toraja satu ini kudu masuk didalam daftar makanan yang kudu Toppers cicipi saat berada di Tana Toraja.

10. Pangrarang

Pangrangrang adalah makanan khas Tana Toraja setelah itu yang sering dijuluki sate khas Toraja dikarenakan proses memasaknya bersama dengan langkah ditusuk dan dibakar. Berbeda bersama dengan makanan khas Toraja di awalnya yang banyak menggunakan bumbu, kuliner Toraja satu ini justru cuma dibumbui garam. Namun, sehabis masak Pangrangrang di sediakan bersama dengan sambal ulek dan perasan jeruk nipis yang beri tambahan cita rasa pedas dan menyegarkan.

Kunjungi Juga : Makanan Khas

Dengan bervariasi cita rasa makanan khas di Tana Toraja tersebut, petualanganmu di Toraja pasti akan jadi maksimal. Agar perburuan kuliner Toraja lebih maksimal, lengkapi kebutuhan traveling bersama dengan aplikasi Tokopedia. Mulai berasal dari pesan tiket pesawat, tiket kereta, sampai booking hotel dapat Toppers melaksanakan bersama dengan mudah di Tokopedia.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *