Makanan Khas Pemalang Yang Wajib Dicoba

Makanan Khas Pemalang Yang Wajib Dicoba

Makanan Khas Pemalang Yang Wajib Dicoba

Makanan khas Pemalang rasanya harus untuk diketahui. Hal ini perlu mengingat wisata kuliner jadi perihal harus dikala datang ke suatu daerah. Meskipun Pemalang tak sepopuler Tegal dan Pekalongan, dua area yang mengapitnya namun Pemalang juga menyimpan bervariasi keunikan terutama dalam perihal makanannya.
Pasang Bola
Berplesiran ke suatu area sebenarnya jadi perihal yang mengasyikkan gara-gara bisa membuat kami belajar perihal banyak perihal dari area yang kami kunjungi tersebut. Tradisi, budaya, sejarah, area wisata dan bahkan kuliner dari setiap area tentu memiliki keunikan masing – masing yang mana membuat siapapun yang datang bakal langsung teringat pada area tersebut.

Diantara sekian banyak perihal yang ada dalam setiap daerah, kuliner merupakan keliru satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tak sedikit wisatawan yang mengambil keputusan kembali kembali ke suatu area cuma demi menikmati kulinernya yang khas. Pemalang juga jadi keliru satu area yang memiliki banyak sekali kuliner lezat.

Meskipun nama area ini tidak amat kondang dibandingkan bersama kota – kota lain, namun Pemalang juga mirip bersama yang lainnya di mana memiliki segudang keunikan yang membuatnya jadi khas dan harus untuk dikunjungi. Mungkin amat banyak jika harus dijabarkan satu per satu. Namun keliru satu perihal simple namun perlu untuk disampaikan adalah perihal kulinernya.

1. Apem Comal

Makanan khas Pemalang ini dibikin dari tepung beras dan juga gula merah. Teksturnya basah mirip seperti kue apem pada umumnya. Untuk rasanya manis dan ada rasa gurihnya. Kue khas Pemalang ini masih diproses bersama langkah yang tradisional agar cita rasanya masih amat unik dan khas.

2. Kamir

Camilan yang ke-2 adalah Kamir. Kamir ini sebenarnya berasal dari Arab namun di Pemalang juga bisa kamu temukan bersama mudah. Kamir berasal dari kata “ Khamir “ yang artinya ragi. Kamir ini terbuat dari tepung beras dan tepung terigu yang dicampur bersama telur, mentega atau bisa juga dicampur bersama tape.

3. Tahu Pletok

Sesuai bersama namanya, Tahu Pletok terbuat dari tahu. Tahu ini dibelah atau dipecah kemudian digoreng hingga kering. Untuk menyajikannya kebanyakan disediakan bersama lalapan lombok ataupun kecap pedas. Jajanan ini amat sesuai untuk camilan sementara bersantai.

4. Grombyang

Dari sekian banyaknya kuliner yang ada di Pemalang, Grombyang merupakan makanan khas Pemalang yang amat populer. Di Pemalang sendiri terkandung banyak sekali penjaja yang menjual kuliner yang satu ini.

Grombyang sendiri merupakan daging sapi dan daging kerbau yang dimasak empuk kemudian dimakan bersama kuah manis dan taburan bawang goreng dan juga daun bawang di atasnya. Sekilas kuliner yang satu ini mirip sekali bersama rawon, namun bisa juga dijadikan sebagai sate babat.

5. Bakso Balungan

Mendengar bakso tentu kamu sudah familiar, namun bagaimana bersama Bakso Balungan? Bakso Balungan merupakan makanan khas Pemalang yang harus kamu cicipi. Bakso yang satu ini sudah amat kondang di Pemalang.

Sebenarnya Bakso Balungan mirip bersama bakso pada kebanyakan yakni pakai bahan baku daging sapi sebagai bahan untuk baksonya. Namun yang membedakannya bersama bakso lain adalah di mana bakso ini terkandung potongan tulang sapi yang ikut tersaji dalam mangkok. Cita rasa bakso ini pedas dan enak. Berkunjung ke Pemalang, harus cicipi Bakso Balungan ini.

6. Lontong Dekem

Lontong Dekem merupakan 11 makanan khas Pemalang setelah itu yang sayang untuk dilewatkan. Untuk penyajiannya sendiri kebanyakan Lontong Dekem ini disediakan bersama Sate Dekem. Pilihan satenya juga bervariasi yakni sate daging ayam dan sate jeroan yang digoreng. Cara makannya disiram bersama kuah gurih dan juga ditaburi kerupuk diatasnya.

7. Sate Loso

Sate merupakan keliru satu dari sekian banyaknya makanan khas di Indonesia. Pilihan sate sendiri juga banyak tergantung dari daging yang digunakan. Namun ada satu style sate dari Pemalang yang harus dicoba yakni Sate Loso.

Sate Loso merupakan satu dari 11 makanan khas Pemalang yang memiliki cita rasa yang khas. Daging yang digunakan untuk membuat Sate Loso ini adalah daging sapi atau kerbau. Sebelum dibakar, sate daging sapi atau kerbau selanjutnya dibacem terutama dahulu. Kemudian untuk penyajiannya disediakan bersama sup memuat tauge, urat dan tulang muda dan juga tak lupa sambal kacang.

8. Kepiting Lemburi

Seafood merupakan makanan kesukaan banyak orang. Seafood sendiri banyak macamnya, ada ikan, cumi, udang dan juga kepiting. Salah satu makanan khas Pemalang juga ada yang berupa kepiting yakni Kepiting Lemburi.

Salah satu dari 11 makanan khas Pemalang yang satu ini mirip seperti masakan kepiting pada kebanyakan yakni berupa kepiting yang dimasak hingga dagingnya lunak atau empuk dan sesuai untuk lauk bersama nasi. Kuliner ini dijual di banyak area makan di kurang lebih jalur pantura di Pemalang.

9. Pecak Belut

Mungkin masih banyak yang merasa geli dikala mendengar kata belut gara-gara sebenarnya bentuk belut menyerupai ular agar membuat banyak orang merasa geli untuk memakannya. Pecak Belut merupakan 11 makanan khas Pemalang yang harus dicoba.

Biasanya Pecak Belut ini disediakan secara tradisional yakni disediakan pada cobek yang dilapisi daun pisang. Dimakan bersama nasi hangat tentu sesuai untuk mengisi perut sesudah seharian mengeksplor kota Pemalang.

10. Ogel – ogel

Beralih dari makanan berat, Pemalang juga memiliki makanan khas berupa snack atau makanan mudah yang disebut bersama Ogel – ogel. 11 makanan khas Pemalang yang satu ini dibikin dari bahan tepung ketan bersama campuran bahan – bahan lain seperti gula, garam, keju dan masih banyak lagi.

Ogel – ogel ini adalah snack yang gurih dan renyah. Cocok untuk dijadikan sebagai camilan dikala bersantai. Jika kamu kebetulan datang ke Pemalang, rasanya harus memborong makanan mudah yang satu ini sebagai oleh – oleh dan camilan sepanjang perjalanan.

Kunjungi Juga : Makanan Khas

11. Bongko Mento

Anda tentu audah pernah mendengar makanan bongko. Setiap area memiliki makanan bongko bersama bahan yang berbeda – beda. Pemalang ternyata juga memiliki kuliner bongko yang khas yang diberi nama Bongko Mento.

Bongko khas Pemalang dibikin dari bahan tepung terigu. Tepung terigu ini dijadikan basic kemudian di dalamnya diisi bersama tumis pepaya dan suwiran ayam. Setelah itu bongko selanjutnya dibungkus bersama daun pisang, dikucuri bersama santan lalu dikukus. Cita rasa dari santan dan daun pisang inilah yang membuat rasa Bongko Mento khas Pemalang ini jadi nikmat.

Setelah menyaksikan sebagian daftar makanan khas Pemalang diatas, pastinya kamu jadi paham bahwa walaupun nama kota Pemalang tidak cukup begitu kondang dibandingkan bersama kota – kota lainnya, namun ternyata Pemalang memiliki banyak sekali keunikan yang sayang untuk dilewatkan.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *