10 Ragam Menu Ayam Goreng di Penjuru Dunia

10 Ragam Menu Ayam Goreng di Penjuru Dunia

10 Ragam Menu Ayam Goreng di Penjuru Dunia

Lezatnya ayam goreng dipadu dengan nasi panas dan sambal rasanya terlalu menggugah selera. Menu satu ini terhitung mudah didapat dikarenakan banyak restoran siap saji yang sediakan sepaket ayam goreng dan nasi.
Pasang Bola
Di Indonesia, ada banyak racikan khas untuk menggoreng ayam. Ada yang lebih menentukan menggunakan bumbu kuning dengan campuran kunyit, serai, dan lengkuas, ada terhitung yang menentukan menggunakan tepung supaya teksturnya lebih renyah. Tapi pernahkah Anda terpikir bagaimana sajian ayam goreng di belahan dunia lain?

Beberapa negara menyajikan ayam goreng ekstra pedas, ada pula yang menggunakan keju supaya rasanya lebih asin dan gurih. Berikut beberapa sajian ayam goreng berasal dari negara lain

1. India
Di India, ayam kebanyakan dijadikan bukan sebagai hidangan utama, melainkan kudapan sebelum akan atau sehabis makan besar.

Bagian yang digunakan adalah paha ayam atau drumstick yang digoreng menggunakan minyak kelapa, sesudah itu dicelupkan ke dalam saus campuran yogurt dan rempah-rempah. Beberapa rempah yang digunakan di antaranya pala, ketumbar, jintan, dan kapulaga. Selain saus yogurt, sajian saus lainnya adalah saus cabai ekstra pedas.

2. China
Sajian ayam goreng khas China ini dikenal dengan rasa pedasnya. Menu ayam goreng bernama chongqing menyajikan daging ayam yang udah dipotong dadu dan digoreng hingga kering.

Bumbunya adalah saus Szechuan pedas, dicampur dengan jahe, bawang, dan cabai kering, sesudah itu tumis hingga bumbu tercampur merata.

Rasanya sesungguhnya agak pedas. Namun, sensasinya renyahnya ayam dipadu dengan cabai kering dapat memicu lidah ketagihan di tiap tiap gigitannya.

3. Senegal
Yassa adalah menu khas Senegal, Afrika Barat. Menu ini kebanyakan menggunakan daging ayam atau hasil laut.

Baik ayam maupun ikan yang udah dibersihkan, direndam sepanjang 24 jam dalam minyak kacang, jus lemon, sari cuka, dilengkapi dengan bawang, mustard, dan rempah-rempah sesuai selera.

Setelah prosesmarinasi selesai, ayam digoreng hingga berwarna keemasan. Ayam pedas ini kebanyakan dihidangkan dengan nasi putih untuk makanan utama.

4. Inggris
Chicken parmo mendiami peringkat pertama sebagai menu yang paling kerap dipesan warga Inggris.

Menu ini dibuat dengan melapisi ayam dengan tepung roti, dioleskan saus putih bechamel, dan parutan keju di atas saus. Kemudian ayam yang udah dibumbui itu dipanggang hingga matang dan kejunya meleleh bersatu dengan saus bechamel yang lezat.

Di Inggris, chicken parmo menjadi menu favorit untuk bersantai dengan segelas bir dan keripik kentang.

5. Taiwan
Sajian ayam goreng khas Taiwan bersifat sekali suap (one bite sized) dan sesuai dibawa untuk bepergian.
Ayam dipotong dadu seukuran sekali gigit sesudah itu digoreng. Ayam goreng dihidangkan dengan kecap, jahe, dan rempah-rempah asal China yang segar dan menaikkan rasa.

6. Amerika
Ayam goreng dirumorkan dibuat secara tidak sengaja di beberapa area Amerika Serikat seperti Nashville dan Tennessee. Namun, kini ayam goreng menjadi santapan sehari-hari di sana.

Ayam dicelupkan dalam margarin susu, sesudah itu dibalurkan tepung supaya kulitnya menjadi ekstra renyah. Lalu, digoreng dan dihidangkan dengan saus cabai dan saus habanero. Sajian tradisional ini kebanyakan dihidangkan dengan sepotong roti putih.

7. Jepang
Siapa tidak menyadari sajian katsu khas jepang? Rasanya menu satu ini terlalu mudah ditemukan di Indonesia, dan mudah pula membuatnya.

Menu khas Negeri Sakura ini menggunakan dada ayam tanpa tulang atau paha ayam yang dibumbui dengan mentega, ditutupi tepung panko dan digoreng hingga berwarna keemasan. Selain dihidangkan dengan nasi putih hangat dan irisan wortel dan juga mayones, di Jepang, katsu terhitung dihidangkan dengan roti putih dan selain mayo.

8. Republik Dominika
Di negara ini, ayam goreng yang gurih dihidangkan dengan pisang goreng. Menu ini bernama pollo frito, tidak benar satu makanan pokok yang banyak dihidangkan oleh restoran siap saji di sana.

Ayam direndam dalam air garam, daun salam, lemon, oregano, peterseli, bawang putih, sesudah itu ditaburi tepung dan digoreng. Ayam sesudah itu dihidangkan dengan perasan jeruk nipis dan pisang goreng.

9. Korea Selatan
Ciri khas ayam goreng korea adalah kulitnya yang renyah dikarenakan digoreng dua kali. Ayam goreng korea kebanyakan dihidangkan satu ekor tanpa dipotong kecil.

Selain varian original, ayam terhitung kerap kali dibumbui dengan saus gochujang dan madu supaya cita rasanya lebih beragam.

10. Italia
Sajian ayam khas Italia dihidangkan dengan salad sebagai menu sampingan.

Baca Juga : Makanan Khas

Ayam disita dagingnya dan dipotong tipis-tipis, dioleskan telur dan remah roti sesudah itu digoreng kering. Teksturnya renyah di luar namun kenyal di dalam, dihidangkan dengan sepiring salad memuat sayuran dengan olive oil.

 

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *