10 Kuliner Legendaris Pekanbaru Yang Wajib Dicoba

10 Kuliner Legendaris Pekanbaru Yang Wajib Dicoba

10 Kuliner Legendaris Pekanbaru Yang Wajib Dicoba

Pekanbaru mempunyai banyak kuliner yang dapat di-explore, terasa dari kedai kopi hingga rumah makan legendaris. Mereka udah berdiri sepanjang berpuluh-puluh tahun dari generasi ke generasi.
Bandar Taruhan
Tim BroSisPKU udah merangkum 15 kuliner legendaris yang tak lekang oleh waktu. Jika datang ke Pekanbaru, silahkan datang ya!

1. Kimteng

Kimteng yang berdiri sejak tahun 1950 ini merupakan salah satu kedai kopi legendaris di Pekanbaru. Blom ke Pekanbaru jika blom ke Kimteng.

Pusatnya terletak di Jalan Senapelan. Outletnya ada di Senapelan Plaza, Mall SKA, Mall Ciputra, Transmart Pekanbaru, RS. Awal Bros Sudirman, RS Awal Bros Panam dan RS Awal Bros Ahmad Yani.

Yang recommended disini adalah roti bakar selai srikaya dan terhitung secangkir kopinya. Rotinya lembut, enak, manis srikayanya terhitung pas. Mantap!

Harga Roti Bakar Selai Srikaya Rp9.000

Butuh sarapan lebih berat? Ada pilihan mie yamien, dimsum, bubur ayam, mie ayam dan lainnya.

Waktu operasional terasa dari jam 7 pagi hingga jam 12 siang, jika cabang di pusat perbelanjaan, ikuti jam operasional mall.

2. Kedai Kopi Indah Ria

Kedai Kopi Indah Ria berada di Jalan Juanda, dekat bersama Pasar Sago. Sudah beroperasi sejak tahun 1970-an. Kedai kopi ini membuka dari jam 5 pagi hingga jam 11 siang.

Ada menu sarapan yang cocok untuk rekan minum kopi disini. Pilihannya beragam, terasa dari nasi lemak, mie pangsit, kwetiau goreng, dan lainnya.

Kwetiaunya perlu dicoba. Isinya ada udang dan terhitung telur, harga Rp20.000.

3. Kedai Kopi Laris

Kedai Kopi Laris adalah salah satu yang legendaris di kota Pekanbaru. Kedai kopinya ini udah ada sejak tahun 1950-an dan masih eksis hingga kini.

Disini BroSis dapat mencicipi Roti Bakar Meses khas rumahan seharga Rp6.000. Nikmat!

Lokasi Kedai Kopi Laris berada di Jalan Dr. Leimena. Buka dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore. Khusus makanan berat layaknya soto ayam, lontong sayur, dan mie goreng cuma hingga bersama jam 12 siang. Lontong Sayurnya terhitung mempunyai banyak penggemar. Sering sold out!

4. Kedai Kopi Megaria

Kedai Kopi Megaria udah terasa beroperasi dari tahun 1970. Mie pangsit disini bersama daging ayam. Favorit banget. Setiap porsi mie pangsit, pasti disertai semangkuk kuah memuat 2 pangsit rebus. Harga Rp22.000. Must try!

Jam membuka Kedai Kopi Megaria:

– Jl. Ir. H. Juanda 99 (Buka tiap tiap hari, jam 6 pagi – 11 siang. Buka ulang jam 4 sore – 10 malam).
– Jl. Ir. H. Juanda 65 (Buka tiap tiap hari, jam 6 pagi – 12 siang. Buka ulang jam 4 sore – 10 malam).
– Jl. Rajawali, deket lampu merah simpang Jalan Durian (Buka tiap tiap hari, jam 6 pagi – 12 siang).

5. Pukis Padusari

Pukis paling sedap se-Pekanbaru nih, pukis Padusari namanya. Cemilan yang cuma dapat dijumpai selagi malam ini udah ada sejak tahun 1982. So, ini masuk “Street Food” legendaris.

Pukis Padusari bertempat di Jalan Sudirman, di pedestrian dekat Mall Pekanbaru. Tepatnya di depan toko Tulip Bakery dan Kia Keramik.

Ada banyak varian rasa, terasa dari nanas, strawberry, kacang coklat, pisang, pandan, dan jagung, harganya Rp2.000. Sedangkan untuk varian rasa keju dan Nutella harganya Rp2.500 dan Rp3.000.

Kalau BroSis ke Pekanbaru pastikan membuat cobain pukis ini ya.

6. Soto Bude Cemara

Soto Bude adalah kuliner legendaris yang udah membuka sepanjang 70an tahun. Wow! Lokasinya berada di Jalan Cemara, Gang Cemara 1, Nomor 2. Jalannya cukup kecil dan sedikit menurun. Bagi pengendara mobil dapat mencari tempat parkir di sekitaran Jalan Cemara.

Tempatnya sederhana, suasananya terlampau layaknya di rumah. Menu yang dihidangkan cuma satu, yakni soto.

Soto dihidangkan bersama suwiran ayam, toge, bawang goreng, dan kuah yang terlampau sedap. Rasa kuah kaldunya nikmat dan segar, dilengkapin bihun dan sayuran. It is irresitible!

Harga Soto Bude ini Rp20.000, jika menggunakan nasi, malah Rp5.000.

Soto Bude Cemara cuma membuka di hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Mulai membuka dari jam 7 pagi hingga jam 12 siang. Kalau mau kesini pastikan lambung jangan terlampau kosong yak. Soalnya bisa saja dapat ngantri. Believe me, it is worth the wait!

7. Rumah Soto Simpang Tiga

Rumah Soto Simpang Tiga letaknya sama di Simpang 3, Jalan Kaharudin Nasution Pekanbaru. Rumah soto ini terhitung legendaris, sebab udah ada dari tahun 1970-an.

Begitu duduk wangi kaldu sapi langsung tercium. Jadi semakin laper. Cepat-cepat pesan.

Semangkuk soto dihidangkan bersama daging, bihun, toge, daun sop, bawang goreng, serta cincangan seledri. Harganya Rp18.000.

Buka tiap tiap hari jika Jumat, terasa jam 7 pagi hingga jam 3 sore.

8. Rujak Aniu Teng Teng

Di Pekanbaru terhitung mempunyai ada nih rujak legendaris, Rujak Aniu Teng Teng namanya. Mulai beroperasi sejak tahun 1980.

Untuk menu rujak ada sebagian pilihan, layaknya paket mini harga Rp15.000 hingga bersama paket jumbo spesial mangga Rp25.000.

Rujak disini unik, sebab ada tambahan buah semangka, nangka, dan taburan kacang. Kacangnya tidak diulek, jadi masih bulat-bulat.

Nah bagaimana, apakah BroSis ingin mencicipi rujak di Aniu Teng Teng? Silakan merapat ke Jalan Dr. Sam Ratulangi Nomor 33, Sago, Senapelan, Pekanbaru. Buka dari jam 1.30 siang hingga jam 6 sore.

9. Nasi Kapau Asli

Rumah makan “Nasi Kapau Asli” ada di Jalan KH. Wahid Hasyim/Pinang Sebatang. Buka dari jam 6 pagi hingga jam 3 sore saja. Hanya satu tidak ada cabang lain. Sudah melayani pelanggan terasa tahun 1950-an.

Menu andalan mereka adalah rendang! Makan di kedai Nasi Kapau Asli seporsinya Rp20.000. Biar lebih lengkap makannya didampingi bersama kerupuk jangek yang disiram kuah. Harganya Rp6.000 sepiring. Sedap!

Sambel cabe merah ada di tiap tiap meja. Bebas mau batambuah sesuka hati. “Tambuah nasi ciek da!”, yang artinya “Tambah nasi satu, uda!”, kita ucapkan tanpa ragu. Memang makan disini dapat kalap.

10. RM Cuik

Rumah makan ini masih memasak bersama cara tradisional yakni menggunakan kayu bakar. Kebayang kan sedapnya? RM. Cuik udah membuka sejak awal tahun 1970-an.

Berlokasi di Jalan Yos Sudarso sebelum lampu merah pertigaan bersama Jalan Sekolah. Tempatnya kecil cuma etalase bertuliskan nama “Rumah Makan Cuik” saja sebagai penanda. Jam operasionalnya terhitung singkat, cuma dari jam 12 siang hingga jam 3 sore.

3 hidangan utamanya adalah Gulai Ikan Baung, Ikan Selais Goreng, dan Udang Goreng. Gulai ikan baungnya enak. Udang dan selais gorengnya cuma digoreng sederhana, tapi nikmat.

Untuk pelengkap terhitung dihidangkan sayur pucuk ubi, cabe merah dan cabe hijau.

Kunjungi Juga : Makanan Khas

Harga:
– Gulai Baung Rp22.000/potong
– Ikan Selais Goreng Rp100.000/porsi*
– Udang Goreng Rp160.000/porsi*
*porsi piring besar

Asap dari kayu bakar dapat mencukupi dapurnya. Disarankan, lebih baik duduk agak kedepan untuk menghindari terpaan asap.

Author: publisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *